Sabtu, 01 Februari 2020

Penjelasan Fobia [Gejala, Penyebab, dan Pengobatan]

Fobia

Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebih terhadap sesuatu. Ketakutan itu dapat timbul saat mengadapi sesuatu, seperti saat melihat binatang, berada disuatu tempat, atau melihat sesuatu yang menakutkan. Dalam kondisi ini, apabila sudah dalam tingkat parah harus segera menjauhi tempat atau benda itu.


Fobia bisa bersifat spesifik atau kompleks. Contoh fobia spesifik, diantaranya ketakutan ketinggian, kedalaman, kegelapan, hewan, darah atau takut tertular penyakit seksual. Sedangkan contoh fobia kompleks, yaitu takut bersosial, takut berbicara didepan umum, atau takut diruangan yang ramai/terbuka.

Gejala Fobia

Tanda seseorang memiliki fobia mudah dikenali dengan rasa takut yang berlebihan yang diperlihatkan dengan suatu objek atau menghadapi sesuatu. Fobia dapat pula disertai serangan panik yang ditandai dengan.

- Disorientasi/bingung
- Pusing
- Dada sesak dan nyeri
- Mual
- Tubuh berkeringat/panas dingin
- Menangis terus menerus

Penyebab Fobia

Penyebab fobia masih belum diketahui pasti. Namun, ada beberapa faktor yang memungkinkan adanya fobia, diantaranya adalah,

- Peristiwa traumatis atau pengalaman buruk. Fobia sering dikaitkan dengan peristiwa masa lalu yang buruk dan sangat traumatis. Seperti, kekerasan dalam rumah, tenggelam, atau kecelakaan berat.
- Perubahan fungsi otak. Beberapa fobia spesifik dapat disebabkan oleh perubahan fungsi otak.
- Genetik dan lingkungan. Fobia dapat terjadi karena pengaruh lingkungan atau keluarga.

Diagnosis dan Pengobatan Fobia

Penanganan fobia bisa dilakukan dengan terapi psikologi, salah satunya yang efektif adalah terapi perilaku kognitif. Terapi ini membantu pasien mengubah cara pandang dan cara bersikap pada suatu masalah. Pasien pun akan diajar agar bisa mengatur rasa ketakutannya dengan teknik pemaparan atau desentisasi. 

Selain itu bisa dengan cara teknik untuk mengendalikan diri dengan cara merelaksasikan diri, mengatur ketenangan dan pernapasan.


Konten ini dibuat hanya untuk pelajaran blog, bukan semata-mata ingin mengcopy, terima kasih-!

0 komentar:

Posting Komentar