Rabu, 29 Januari 2020

Sejarah dan Perkembangan Anime

"Tahukah kamu perkembangan Anime?"

      Kamu penggemar anime? kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan hal ini, tapi, apakah kamu tau sejarah Anime? kalau belum, kamu belum menjadi otaku, yuk! kita lihat sejarah dan perkembangan Anime agar wawasan kita luas.

Perkembangan Anime

'ERA 1910-an KEATAS

1. Mokuzo Genkanban no Maki

Anime ini pertama kali dibuat oleh Oten Shimokawa pada tahun 1917. Mokuzo Genkanban no Maki artinya adalah kisah seorang petugas Mokuzo Genkanban no Maki. Film ini digelar The First, keren ya! ketika dunia sedang perang, jepang mengeluarkan hal yang sangat menakjubkan. Meskipun film ini hanya berdurasi 8 menit, tapi sangat bagus pada zamannya. Kisah dalam filmnya juga belum menunjukkan suatu permasalahan. Masih berbau hal-hal biasa seperti keseharian.


2. Namakura Gatana

Namakura Gatana diartikan yaitu Pedang Tumpul, animasi karya Seitaro Kitayama yang dibuat pada tahun 1918, wah beda setahun sama Mokuzo ya! Film komedi yang berdurasi 2 menit ini menceritakan tentang kisah samurai yang membeli sebuah pedang tumpul. Hal itu membuat ia selalu kalah ketika menghadapi lawan yang lemah. Sampai akhirnya setiap orang yang dia temui ia mengajaknya untuk bertanding dan tetap saja dia selalu kalah.



3. Urashima Taro


Karya kedua Seitaro Kitayama dibuat pada tahun 1918, merupakan cerita rakyat yang terkenal di Jepang yaitu tentang seorang nelayan dengan sang putri. 









4. Kumo to Churippu


Kumo to Churippu artinya laba-laba dan tulip. Dibuat pada tahun 1943, merupakan film animasi pendek hasil karya Kenzo Masaoka. Film ini menceritakan tentang seekor laba-laba yang berusaha untuk memikat kumbang kecil ke dalam sarangnya. 







'AWAL KEPOPULERAN ANIME

5. Astro Boy



Tahun 1963 merupakan era kesuksesan pertama dalam dunia animasi. Salah satu film yang mengawali kesuksesan, film karya Tetsuwan Atom, yang biasa kita kenal Astro Boy. Film ini disutradai Ozamu Tezuka yang dikatakan juga sebagai "God of Manga"



'ERA TAHUN 1970-an

Pada era ini Anime sudah memasuki tingkat kompetisi yang ketat, sehingga terjadi pengurangan pegawai di Toei Animation dan terjadi peralihan animator-animator ke studio lain seperti A pro dan Telecom Animation, selain itu, Mushi Productions telah gulung tikar yang kemudia bangkit 4 tahun setelahnya.


'MEMASUKI ERA 1980-an

6. Dragon Ball



Dragon Ball atau bisa diartikan bola naga ini menjadi Anime yang telah bertahan hingga saat ini. Dragon Ball menceritakan seorang bocah bernama Goku. Singkat cerita Goku tinggal sendiri dipegunungan, sampai suatu hari Goku bertemu dengan seorang wanita bernama Bulma, dan disinilah kisahnya dimulai Goku mencari 7 bola naga.



'MEMASUKI ERA 1990-an

Pada era ini, anime-anime sudah membludak dan menyebar hingga seluruh dunia, seperti Saint Seiya, Sailor Moon, Detective Conan, dan lain-lain.
Memasuki tahun 1995, muncullah Anime yang disutradai oleh Hideaki Anno yang bernama Neon Genesis Evangelion. Anime ini terbilang sukses karena mampu meraih income hingga $10 juta lebih.


'MEMASUKI ERA 2000 HINGGA SEKARANG

Sudah banyak anime yang telah dibuat pada era 2000an . Berikut judul-judul anime pada tahun 2000 :

~ Mobile Suit Gundam SEET

~ Eureka Seven
~ Code Geass : Lelouch of Rebellion R2
~ Fullmetal Alchemist
~ Death Note
~ Mushishi
~ K-On!
~ Fairy Tail
~ Bakemonotagari



Konten ini dibuat dengan niat belajar tentang blog, bukan untuk mengcopy atau sebagainya-!


Sumber : https://www.hipwee.com/list/sejarah-dan-perkembangan-anime-jepang/

0 komentar:

Posting Komentar